Senin, 02 Januari 2012

Lomba Essay: Hari Ini, Esok dan Yang Akan Datang Di Dunia Teknologi Informatika


   Ketika saya harus memilih program studi atau jurusan yang akan di tempuh di bangku kuliah, ada beberapa hal yang saya perhitungkan dan dipertimbangkan dalam benak saya seperti, kemampuan, minat, bakat, kepribadian, cita-cita, prospek karir dan restu orang tua. Banyak orang yang berpandangan, pilihlah jurusan yang gampang (gampang masuk dan gampang lulus), supaya gampang dapat pekerjaan dan gajinya besar, tanpa memperhatikan sesuai minat atau tidak. Sebenarnya pandangan seperti itu perlu ditinjau ulang, karena memilih suatu jurusan bukanlah persoalan yang mudah. Karena salah memilih jurusan punya dampak yang signifikan terhadap kehidupan kita dimasa mendatang. Dan jangan sampai pilihan kita dalam memilih jurusan di bangku kuliah nanti adalah ambisi orang tua atau karena kecemasan dan cara berpikir orang tua yang keliru dalam mempersepsi masa depan kita. Selain itu, kita juga harus mencari informasi mengenai sekolah-sekolah yang berkualitas dan melihat plus minusnya secara kongkrit. Dan yang paling penting sebelum kita bertindak, kita harus memikirkan semua hal dengan matang dan mantap. Karena, masa depan kita ada di tangan kita sendiri.
  
   Karena saya memilih jurusan Teknik Informatika, maka banyak profesi atau pekerjaan yang dibutuhkan pada lulusan Teknik Informatika, di antaranya Perbankan, Programmer, Sistem Analisis dan Instruktur dalam sebuah perusahaan. Tetapi, profesi atau pekerjaan impian saya yang ingin saya jalani selepas bangku kuliah yaitu bekerja pada sebuah perbankan atau menjadi programmer pada perusahaan, baik perusahaan milik pemerintah, swasta nasional maupun swasta asing.

    Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer dengan kemampuan yang semakin canggih memungkinkan kita untuk memproses informasi secara tepat, cepat, dan akurat serta memperluas dan  meningkat kan penerapan otomasi di berbagai bidang, baik di bidang industri, bisnis dan perkantoran maupun dalam menunjang perkembangan ilmu dan teknologi. Selain itu, peran industri software sangat strategis, karena terkait dengan sektor ekonomis, dimana selain memberikan dampak yang luas terhadap perluasan kesempatan kerja juga berusaha meningkatankan/mengembangkan teknologi informasi dan untuk meningkatkan peluang investasi dan penyerapan tenaga kerja.

     Mengutip pernyataan guru TIK di sekolah saya, bahwa pada saat ini tingkat kebutuhan tenaga kerja menjadi seorang programmer itu tinggi. Hal tersebut membuat saya yakin memilih Teknik Informatika di bangku kuliah nanti. Karena Teknik Informatika menekankan pada bidang pemograman dan komputasi rekayasa piranti lunak, system basis data, komunikasi data dan jaringan komputer, intelegensia seni serta bidang-bidang ilmu yang berkaitan dengan pengembangan system informasi dan penempatan teknologi informasi lainnya untuk peningkatan efisiensi kerja dan mendukung keunggulan strategis organisasi dalam berkompetensi.
     
     Ada lima bidang kepeminatan yang dipelajari di jurusan TI, yaitu: Software Engineering mendalami berbagai metologi dan alat bantu pengembangan piranti lunak, Intelligent Systems mendalami berbagai teknik kecerdasan kongrate yang dapat diterapkan untuk memecahkan suatu permasalahan, Database Technology mendalami berbagai teknologi dan aplikasi basis data, Networking mendalami bidang jaringan komputer meliputi instalasi, administrasi dan managemen suatu jaringan komputer dan Aplied Networking (CISCO) mendalami teknologi jaringan komputer yang berbasis peralatan jaringan komputer  “CISCO”.








essay diatas adalah essay pertama yang saya buat untuk mengikuti lomba essay tingkat nasional yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom. Alhamdulillah saya mendapatkan peringkat 30 dari 50 essay terbaik :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar